10 Tips Parenting yang Perlu Diketahui Setiap Orangtua

10 Tips Parenting yang Perlu Diketahui Setiap Orangtua

Tips parenting untuk orangtua masa kini

Membesarkan anak adalah sebuah amanah penting yang harus di jalani orangtua. Ada yang bilang mendidik anak adalah seni, ada juga yang bilang membuat sebuah maha karya. Bahkan ada yang bilang seperti menaiki roller coaster. Memang tidak mudah mendidik anak-anak, tapi Anda jangan pernah menyerah.

Parents, berikut 10 tips parenting yang akan jika diterapkan mempermudah kita dalam mendidik anak-anak.

1. Ketahui kelebihan dan kekuatan anak Anda

Mengindentifikasi kelebihan dan kekuatan anak akan berguna untuk membangun rasa percaya diri anak Anda. Kepercayaan diri anak akan membuat anak lebih mudah mengelola emosi saat menemui kondisi yang sulit. Anak-anak akan lebih mudah untuk mendengar dan memperbaiki perilaku buruk mereka jika mereka masih memiliki sesuatu yang dapat mereka banggakan.

2. Beri perhatian positif pada anak

Anak membutuhkan perhatian positif. Jika mereka tidak mendapatkan perhatian dari keluarga, maka mereka akan memilih untuk mencari perhatian di tempat lain yang bisa berakibat negatif. Parents, ingatlah selalu berkomunikasi dengan anak Anda.

3. Jangan membandingkan saudara kandung

Jika seorang anak berpikir bahwa saudara atau kakak/adiknya lebih disukai, ini dapat menciptakan persaingan yang dapat berlangsung seumur hidup mereka. Hal ini akan menimbulkan masalah dalam keluarga Anda saat ini dan nanti.

Pastikan anak-anak Anda tahu bahwa mereka sama-sama disayang. Libatkan kakak atau adik dalam setiap aktivitas dengan mempertimbangkan kemampuan masing-masing.

4. Beri hadiah, bukan hukuman

Memberikan hukuman pada anak tidak seefektif memberikan pujian dan penghargaan kepada mereka. Lebih baik fokus bagaimana menemukan cara untuk membantu anak dalam mengembangkan potensi mereka. Memberikan pujian akan mengembangkan potensi positif anak.

5. Hindari reaksi emosional yang negatif

Contoh reaksi emosional di antaranya adalah marah dan mengejek. Reaksi marah dan mengejek akan membuat anak merasa selalu salah dan berperilaku buruk. Selain itu, anak adalah peniru yang sangat handal. Reaksi marah dan mengejek dengan mudah akan ditiru mereka ketika menemui persoalan yang tidak cocok dengan mereka.

6. Konsultasikan dengan pakar atau orang yang lebih berpengalaman

Mendidik anak tidak mudah, jangan ragu jika untuk berkonsultasi dengan psikologi, pakar parenting atau dengan orang yang lebih berpengalaman dengan kondisi anak Anda.

7. Orangtua adalah contoh

Orang tua adalah contoh, dan anak-anak adalah peniru yang handal. Jika Anda berperilaku buruk, maka bagi anak-anak itulah cara berperilaku.

8. Pantau penggunaan internet

Internet bisa menjadi pisau bermata dua. Selain ilmu yang bermanfaat, dunia maya juga penuh dengan hal-hal yang berbahaya buat anak-anak. Sebaiknya parents mengaktifkan fitur parental control dan memantau aplikasi dan konten apa saja yang mereka pergunakan

9. Terima saja bahwa kehadiran anak pasti merubah kehidupan Anda 🙂

Kehadiran anak yang pasti akan membawa perubahan pada Anda, waktu Anda pasti akan tersita lebih banyak. Jangan sampai interaksi Anda dengan orang lain, terutama pasangan, menjadi terganggu.

10. Jangan pernah menyerah pada anak Anda

Semua permasalahan pada anak ada penyebab dan ada solusinya. Dengan dukungan orangtua, anak-anak bahkan remaja yang sering kali brutal bisa menjadi orang-orang yang luar biasa pada nantinya.

Kita tidak akan tahu akan jadi seperti apa anak-anak kita pada nantinya. Kita hanya bisa berusaha sepenuh jiwa raga, stay cool, dan berdoa.

Parents, semoga ulasan diatas bermanfaat dalam mendidik anak-anak Anda.

 

sumber : https://id.theasianparent.com/10-tips-parenting-yang-perlu-diketahui-setiap-orangtua

Leave a Reply

Close Menu